Batam – Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Cianjur, Dr. Riky Afrimon, bersama seluruh jajaran struktural dan pegawai melaksanakan kegiatan studi tiru ke Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam pada Jumat, 8 Agustus 2025.
Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Imigrasi Batam ini diawali dengan sambutan hangat dari Kepala Bagian Tata Usaha, Ibu Tina, yang dalam kesempatan ini mewakili Kepala Kantor Imigrasi Batam, Hajar Aswad, S.Sos., M.Si yang berhalangan hadir. Acara dilanjutkan dengan pemaparan profil Kantor Imigrasi Batam, meliputi sejarah, struktur organisasi, serta capaian kinerja.
Rangkaian kegiatan kemudian berlanjut dengan diskusi mendalam terkait pelaksanaan studi tiru, baik dari segi fasilitas pelayanan publik maupun implementasi pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).
Sebagai bentuk apresiasi dan penguatan hubungan kelembagaan, dilakukan penyerahan plakat kenang-kenangan antara kedua instansi. Usai prosesi tersebut, Kepala Kantor Imigrasi Cianjur, Dr. Riky Afrimon, melaksanakan tour meninjau secara langsung ruang pelayanan di Kantor Imigrasi Batam, untuk melihat dan mempelajari inovasi pelayanan yang telah diterapkan.
Masih di hari yang sama, rombongan Kantor Imigrasi Cianjur melanjutkan agenda kunjungan ke Mall Pelayanan Publik (MPP) Batam. Di lokasi ini, rombongan mendapatkan pemaparan mengenai tata kelola layanan terpadu serta sinergi antar instansi di MPP dalam memberikan kemudahan akses layanan kepada masyarakat.
Dalam kesempatan tersebut, Dr. Riky Afrimon menyampaikan:
“Kegiatan studi tiru ini menjadi momen berharga bagi kami untuk belajar langsung dari praktik terbaik yang telah diterapkan di Kantor Imigrasi Batam, khususnya dalam penguatan Zona Integritas dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Harapan kami, pengalaman ini dapat kami terapkan di Kantor Imigrasi Cianjur demi mewujudkan pelayanan yang prima, cepat, dan berintegritas.”
Melalui kegiatan ini, diharapkan Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Cianjur dapat mengadopsi inovasi dan sistem pelayanan yang lebih efektif, serta terus memperkuat komitmen dalam memberikan pelayanan publik yang transparan, akuntabel, dan profesional.